hikari_kenkou (hikari_kenkou) wrote,
hikari_kenkou
hikari_kenkou

Author And The Readers

            Ok, Hikka disini cuma mau menceritakan sedikit apa yang Hikka lihat dari dunia para author yang menulis cerita fantasi mereka atau fanfiction. Kenapa Hikka tau dunia mereka? Ya karena Hikka juga merupakan author yang memang suka menulis juga-haha-. Dan sekarang Hikka mau membahas tentang review atau komentar. Kalian pasti tau apa itu review dan komentar, yaa itu adalah sarana bagi para readers atau pembaca sekalian untuk mengutarakan pendapat dan perasaan ataupun kritikan dan saran setelah mereka membaca apa yang sudah dituliskan oleh para author.


Isi dari komentarnya pun beragam, ada yang berisi kritikan tentang kekurangan dari hasil tulisannya tanpa memberi saran apapun, ada yang hanya berisi caci maki karena tidak suka dengan tulisannya, ataupun tokoh yang dijadikan pasangan oleh authornya padahal Hikka juga tidak yakin apakah mereka benar-benar membacanya atau tidak. (_ _)!

          Ada juga yang berbaik hati mengoreksi dan membenarkan kesalahan yang di lakukan oleh author, ada juga yang memberikan saran dan masukan kepada author entah itu saran penulisan atau saran ceritanya. Lalu, ada juga yang berisi pujian dan perasaan kagum serta suka dengan hasil tulisannya, dan juga ada yang berisi pesan-pesan yang akan memberikan semangat bagi authornya untuk tetap melanjutkan dan berkarya.

      Dan sebagai manusia biasa tentu kita memiliki berbagai macam reaksi terhadap review dari para readers. Karena memang sifat dan cara pandang orang-orang itu berbeda sesuai dengan diri mereka masing-masing.

      Dan memang benar bahwa daripada komentar yang isinya hanya sebuah kritikan, kita pasti lebih menyukai komentar yang berisi semangat dan pesan suka dari para pembaca. Karena saat kita membacanya kita akan merasa bahwa karya kita dihargai dan disukai oleh banyak orang, dan pesan yang ingin kita sampaikan kepada pembaca bisa tersampaikan dengan baik.

      Namun tetap saja author itu bermacam-macam,

  • Yang pertama, adalah author yang berhati baik dan sabar, dia akan menerima semua komentar dari pembaca dengan positif, tidak perduli itu baik ataupun buruk. Kalau kalian berfikir author macam ini tidak ada kalian salah, dia ada dan sangat nyata. Walaupun memang mereka mendapatkan sebuah kritikan dan komentar yang buruk, mereka akan menjadikannya sebagai rujukan dan penyemangat agar karya selanjutnya dapat menjadi lebih baik lagi. Dan juga mereka akan berterima kasih kepada para pembaca yang sudah mendukungnya bahkan kadang juga kepada yang sudah mengkritiknya. ( benar-benar baik -_-“!)

  • Yang kedua adalah author yang cuek, walaupun mereka mendapatkan kritikan dan komentar yang buruk, mereka tidak akan menggubrisnya, dan hanya menganggap itu sebagai angin lalu dan kembali berkarya seperti sebelum-sebelumnya, tanpa suara, tenang dan tanpa jejak menyinggung. Tetapi mereka juga akan berterima kasih kepada yang telah mendukung, memberi saran dan menyemangati mereka dan bekerja keras untuk mereka para readersnya.

  • Yang ketiga adalah author yang jujur dan blak-blak kan. Mereka dari awal sudah memberikan peringatan kepada para pembaca yang akan memberi komentar buruk, entah itu dia akan berkata tidak akan menggubrisnya, ataupun berkata tidak usah berkomentar sekalian. Namun dia cenderung baik dan ramah kepada para pembaca yang positif menanggapi tulisannya, mendukungnya, dan yang memberikan saran padanya.

  • Yang keempat adalah author yang suka marah-marah. Walaupun tidak terlalu ketara, namun author jenis ini akan marah-marah sendiri dan mengutuk para readers dan haters yang sudah memberi komentar buruk seakan merekalah yang benar, apalagi mereka mengkritik tanpa memberi saran. Maka akan keluarlah dengan otomatis alat pengutuk pembaca. (-_-“) dan juga author jenis ini kadang ada yang membalas komentar yang positif dan juga kadang ada yang membiarkannya saja.

  • Yang kelima adalah author yang baper, disini saya bukan mengatai author yang sudah vacuum karena hujatan terus-menerus dari readers lhooo… ^_^ tapi tentang author yang publish dikit terus terpuruk karena ada yang ngeflame. Publish lagi eh, kena flame lagi trus nangis lagi. Author yang meresapi semua komentar para readersnya. Dan memasukan mereka semua ke perasaannya tanpa ada yang disaring dulu nih.

  • Yang keenam adalah author yang gak PD, mereka selalu bilang karyanya jelek lah, aneh lah, gaje lah, gak pantes dibaca dan sebagainya. (lahh, trus ngapain di publish kak??-_-“??) mereka cenderung akan sangat girang saat mendapat komentar yang positif, namun akan merasa bersalah dan kecewa saat ada komentar negative dari readersnya.

  • Yang ketujuh adalah author yang seperti hantu, mereka terkesan sangat cuek dan sunyi tidak memperdulikan komentar. Tidak membacanya, tidak merespon apalagi membalasnya. Mereka hanya ada di dunia dimana mereka menulis untuk mereka sendiri dan tidak memperdulikan pendapat orang lain. Mereka menulis untuk kesenangan mereka sendiri, dan kenapa Hikka menyebutnya sebagai author hantu because they are only on their own world, and write to their own world.

  • Yang kedelapan adalah author yang pemalas, yup. Dia terlalu malas buat memikirkan apalagi membalas semua komentar mereka. Dan author jenis ini memang ada. Hey, you lazy author. (yes, me? o.O?)


Yah, selain itu masih banyak lagi sih, kayak author yang aktif bersosialisasi sama pembacanya dan mengadakan kuis, atau request untuk para pembaca setianya. Dan yang pasti semua author pasti pengen para pembacanya mereview mereka, karena itu menjadi sebuah bukti kalau memang karya mereka dibaca dan dinikmati oleh banyak orang, dan juga menjadikan semangat buat mereka. ;)

Ok, Hikka fikir ini yang bisa Hikka tulis untuk semuanya, dan ini semua menurut Hikka lohh. ^_^ ok. See you, ja nee, annyeong…
Tags: random, tulisan
  • Post a new comment

    Error

    Anonymous comments are disabled in this journal

    default userpic

    Your reply will be screened

  • 0 comments